Kamis, 09 Oktober 2008

Tikus Dilarang Masuk

I'm baaaaack! Hehe....

Ceritanya baru pulang dari mudik dua hari yang lalu....Kangeeen deh sama rumah. Eits, biarpun rumah kontrakan, tapi selalu kangen dooong :D.

Nyebelinnya, karena lama ditinggal kondisi rumah jadi kurang terkontrol. Tadi malem waktu lagi lembur ngejar deadline *ho-oh baru pulang langsung ditunggu deadline aja*, tiba-tiba ada tamu ga diundang - seekor tikus jelek - masuk ke dalam rumah. Iiiiiiiiiiiiiiiiiiks!!!! Jijiiiiik!

Bener deh, kalau untuk urusan tikus aku ga ada kompromi. Biarin rumah kecil dan jelek yang penting bersih dan bebas tikus. Mice, stay away!!

Udah dua kali tikus masuk ke dalam rumah selama aku tinggal disini. Uuuugh ngerasa kecolongan banget deh! Biasanya kalau kaya gitu hal yang pertama harus dilakuin adalah cek apakah ada lubang kecil yang ga terdeteksi sebelumnya. Dan ternyata bener! Ada lubang ventilasi yang terbuka sama plafon yang agak bolong karena dikrikitin. Nah kan! Untung cepet ketawan. Cukup satu malem aja deh ketemu sama binatang yang paling nyebelin ini.

Terus hari ini googling deh, cari tips-tips ampuh supaya tikus ga sampai tertarik untuk masuk ke dalam rumah lagi. Ini dia kumpulan tipsnya dari berbagai sumber :

+ Makanan

1. Bersihkan area di bawah kompor dan kulkas.
2. Meja dapur harus bersih dari makanan.
3. Jangan tinggalkan gelas berisi air semalaman di atas meja/ tempat terbuka.
4. Simpan makanan kering dan makanan hewan peliharaan di kontainer tertutup.

+ Indoor

1. Selalu jaga kerapihan ruangan terutama gudang dan tempat penyimpanan lainnya. Simpan barang-barang dalam lemari atau kontainer yang teratur untuk meminimalkan tempat persembunyian.
2. Untuk area yang sulit dijangkau, pilih material furniture dan material bangunan yang tahan gigitan.
3. Usahakan menggunakan sedikit mungkin area lantai. Susun furniture seperti rak buku dan lemari ke arah vertikal. Pilih furniture yang sedikit 'terangkat' dari lantai untuk memudahkan pembersihan.
4. Cek secara teratur apabila ada lubang-lubang kecil di dinding, langit-langit atau jendela. Biasanya setelah hujan atau angin kencang material menjadi lebih rapuh sehingga memungkinkan terbentuknya lubang.

+ Outdoor

1. Selalu pangkas tanaman secara teratur supaya tidak ada ruang-ruang yang tersembunyi
2. Buang tumpukan barang-barang rongsokan atau sisa material yang tidak terpakai.

Aku sih lebih suka mencegah daripada mengobati. Please deh, ga ada yang lebih jijik daripada ngeliat bangkai-bangkai tikus bertebaran karena racun atau lem. Yaiiiiks!!!!!

Tidak ada komentar: