Selasa, 04 November 2008

IDEA Books - Ruang Servis Hemat Tempat

Dosenku dulu pernah bilang kalau ruangan yang paling penting di sebuah rumah adalah ruang servis. Mau sebagus apapun rumah itu, kalau ruang servisnya ga kondusif dan ga memadai, pasti suasana rumah jadi kerasa ga enak.

Sekarang, setelah tinggal dan mengurus rumah sendiri, baru deh kerasa kalau pesan-pesan dosenku itu 100% betul.

Kalau dipikir-pikir, hampir 70% kegiatan di rumah adalah kegiatan yang berhubungan dengan ruang servis. Masak, nyuci, mandi, setrika, bersih-bersih, menyimpan barang. Kalau pun kegiatan rumah tangga dikerjakan oleh pembantu, kita juga pasti ingin memisahkan ruang antara aktivitas pembantu dengan aktivitas anggota keluarga lain supaya privacy tetap terjaga.

Jadi, kalau mau menilai sebuah rumah enak ditinggali atau engga, gampang.....Lihat aja area servisnya :).

Waktu jalan-jalan di Gramedia ga sengaja nemu buku mungil ini. Buku ini memang bukan buku arsitektur, tapi buku ini wajib dibaca oleh mereka-mereka yang ingin rumahnya nyaman, selalu bersih, bebas berantakan, bebas bau dan bebas dari kepusingan gonta-ganti pembantu yang ga betah tinggal di rumah kita....hihihi.

Ada banyak tips praktis yang terkumpul di buku ini. Mulai dari tips desain, review berbagai macam peralatan rumah tangga, sampai tips bersih-bersih rumah....Lengkap kan?

Oia, ngomong-ngomong ada satu hal lagi yang aku suka dari buku ini. Model di sampul depannya pakai sepatu Crocs loh! I looooove Crocs!!

4 komentar:

Astra Aswinanda mengatakan...

setuju banget-banget Mbak, rumahku zona servis paling diperhatiin.. soalnya kalo ga punya maid, pinginnya yg praktis2 aja. laundry room (jemur2 aku di dlm rumah, spy ga bingung kalo ujan)-gudang-dapur dalam satu garis.

sukses dgn sayembaranya ya mba...

31maya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
31maya mengatakan...

hi,salam kenal..s
etuju bgt deh, ttg pentingnya ruang servis..
apalgi klo rumahnya kecil mungil...
btw..msh ada ga ya, buku itu..lagi bth bgt ni..

boleh nge link ya,mba..:)

Anonim mengatakan...

mbak...salam kenal ini eqy dari medan,boleh ga minta fotocopian buku IDEA BOOKsnya? soalnya dalam perancanaan bikin rumah, tanya bukunya ke Gramedia or kemana2 ga da yang jual lagi soalnya udah lama banget terbitnya taon 2004, kalo boleh eqy mau dunk mbak? sebgai bahan referensi buat ruang servis, ntar eqy bayarin unag fitocopy and ongkos kirimnya , gapapa ya mbak, jangan tersinggung ya mbak ? thanks soooooooo much...