Senin, 15 September 2008

Bali Bamboo Inspiration

Kalau ada material yang seharusnya paling banyak digunakan di bangunan-bangunan di Indonesia, material itu adalah bambu. Mudah didapat, murah, dan terbarui *atau bahasa kerennya: renewable*. Kurang apalagi coba?

Sayangnya, kebanyakan dari kita udah mengidentikkan bambu dengan rumah-rumah bilik di kampung, jadi ragu-ragu untuk pakai material bambu untuk membangun rumah *kecuali buat steiger*. Karena identik dengan gaya kampungan, kebanyakan orang lebih memilih rumah-rumah mewah bergaya telenovela yang sayangnya belum tentu cocok dengan kondisi iklim tropis Indonesia. Curse those real estate developers!

Padahal bambu bisa dibikin keren loh. Di Bali, ada seorang ekspatriat yang terkenal karena kegilaanya terhadap bambu, namanya John Hardy. Baru-baru ini John Hardy mendirikan sekolah berjudul "Kul kul Greenschool" yang konon katanya seluruh bangunannya dibuat dari bambu. Sayang aku belum bisa menyusup ke sana. Padahal kan.....ehm...tetanggaan....hehehe....Semoga bisa ke sana dalam waktu dekat ya!

Tapi ga cuma John Hardy kok yang punya ide keren soal bambu. Masih banyak contoh-contoh penggunaan material bambu yang mungkin bisa dijadiin inspirasi kalau mau ngebangun rumah nanti. Ini beberapa di antaranya:
  • Kediaman pribadi, Ubud

  • Ubud Botanical Garden

  • Kediaman pribadi, Ubud

  • Alila Hotel, Ubud

  • Kayu Manis Villa, Nusa Dua






Keren kan? So let's go green with bamboo!

Ubud Botanical Garden pic by m'pri

2 komentar:

oktazaida mengatakan...

wuaaa...mentang2 arsitek, jalan2nya pun arsitektural pula...gak ngajak2 pula huhuhu :)

weexs mengatakan...

wah... setuju... bomboo....
nah... kalo bamboo dah jadi komoditi yang bagus buat rumah, so ga usah pake kayu lagi, biar hutan kita bisa lestari, bebas hirup udara segar..

usul, buat arsitek, indonesia, kalo diminta desain rumah or bangunan, materialnya pake bamboo aja.. hehehe...